Kamis, 25 November 2010

SKL UN FISIKA SMP 2010

Kepada seluruh siswa kelas 3 atau kelas 12 pada jenjang SMP/MTs/SMA/SMK/SMA-LB yaitu telah terbit standar kompetensi lulusan yang dimasukkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 75 tahun 2009 tentang UJIAN NASIONAL.
  1. Ujian Nasional adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  2. Yang dikeluarkan dalam Peraturan Menteri ini adalah standar kompetensi lulusan yaitu standar kompetensi minimal yang harus dikuasai oleh peserta didik.
  3. Kisi-kisi soal Ujian nasional yang dilampirkan pada peraturan ini adalah acuan pengembangan dan perakitan soal ujian yang memuat standar kompetensi lulusan dan kemampuan yang diujikan.
  4. Hasil Ujian nasional dipergunakan untuk :
  • Pemetaan mutu satuan atau program pendidikan.
  • Seleksi masuk jenjang pendidikan selanjutnya.
  • Penentuan kelulusan peserta didik dari program atau satuan pendidikan.
  • Pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.
Perhatikan Pasal 4 ayat 5 :
Peserta didik yang belum lulus Ujian Nasional berhak mengikuti Ujian Nasional tahun pelajaran 2009/2010
Berkaitan dengan itu, perhatikan pasal 5 ayat 1 dan 2
  1. UN tahun pelajaran 2009/2010 dilaksanakan dua kali yaitu UN utama dan UN Ulangan.
  2. UN Utama untuk SMA/MA, SMALB, SMK dilaksanakan pada minggu ketiga maret 2010 (antara 15-20 Maret 2010) – Jadwal Ujian Bisa dilihat di blog ini
  3. UN utama untuk SMP/MTs, SMPLB dilaksanakan pada minggu keempat maret 2010 (22-27 Maret 2010)
  4. UN Susulan dilaksanakan satu minggu setelah UN utama.
  5. Ujian praktik kejuruan untuk SMK dilaksanakan sebelum UN utama.
Mengenai Ujian Nasional Ulangan : Pasal 6
  1. Ujian Nasional ulangan untuk SMA/MA, SMALB, SMK dilaksanakan pada minggu kedua Mei 2010.
  2. Ujian Nasional ulangan untuk SMP/MTs, SMPLB dilaksanakan pada minggu ketiga Mei 2010.
Standar kompetensi Lulusan Ujian Nasional tahun pelajaran 2009/2010 merupakan irisan (interseksi) dari pokok bahasan kurikulum 1994, standar kompetensi dan kompetensi dasar pada kurikulum 2004, dan standar isi (permen No. 22 Tahun 2006).
Pemindaian Lembar Jawaban Komputer (LJUN) SMA dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi Negeri.
Penskoran hasil UN SMP/MTs, SMA/MA, SMP LB, SMA LB, SMK dilakukan oleh puspendik Depdiknas dan disupervisi oleh BNSP (Badan Nasional Standar Pendidikan).
Syarat kelulusan :
memiliki nilai rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan dengan nilai minimal 4,00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya.
Khusus untuk SMK, nilai mata pelajaran praktik kejuruan minimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung rata-rata UN.

Peserta Ujian nasiona diberi surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) yang diterbitkan oleh sekolah/ madrasah penyelenggara Ujian Nasional 2009/2010.
Jadwal Ujian Bisa dilihat di blog ini
Fisika SMA/MA : (alternatif lain fisikarudy.blog.com)
Memahami prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung maupun tidak langsung :
  • Membaca alat ukur panjang (jangka sorong)
  • Menentukan ketelitian hasil pengukuran sesuai dengan alat ukur yang digunakan.
  • Membedakan besaran skalar dengan besaran vektor.
  • Menjumlahkan/ mengurangkan besaran vektor dengan berbagai cara.

2. Menjelaskan gejala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, kekekalan energi, elastisitas, impuls, dan momentum :
  • Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus.
  • Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton serta penerapannya.
  • Menentukan hubungan besaran-besaran fisis yang terkait dengan gaya gravitasi antar planet.
  • Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen.
  • Menganalisis hubungan besaran-besaran yang terkait dengan gerak rotasi.
  • Menjelaskan hubungan usaha dengan perubahan energi.
  • Menjelaskan sifat elastisitas benda dan penerapannya.
  • Menentukan besaran yang berhubungan dengan hukum kekekalan energi mekanik.
  • Menentukan besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan momentum.
3. Menjelaskan prinsip dan konsep konservasi kalor, sifat gas ideal, fluida dan perubahannya, menyangkut hukum Termodinamika beserta penerapannya dalam mesin kalor :
  • Menentukan proses perpindahan kalor dan azas Black.
  • Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida.
  • Menjelaskan variabel-variabel pada persamaan umum gas ideal.
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas.
  • Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses Termodinamika mesin kalor.

4. Menerapkan konsep dan prinsip optika dan gelombang :
  • Menentukan besaran dalam pengamatan melalui mikroskop atau teropong.
  • Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnetik dan manfaatnya.
  • Menentukan besaran dan sifat gelombang berjalan.
  • Menjelaskan gejala pada peristiwa interferensi dan difraksi cahaya serta menentukan besaran-besaran yang terkait dalam gejala itu.
  • Menentukan intensitas dan taraf intensitas beberapa sumber bunyi yang identik.
  • Menentukan besaran yang menimbulkan efek Doppler serta perubahan akibat efek tersebut.

5. Menjelaskan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan :
  • Menentukan besaran yang terkait dengan hukum Coulomb dan medan listrik.
  • Menentukan faktor yang mempengaruhi kapasitas kapasitor keping sejajar.
  • Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan tegangan listrik.
  • Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup (loop).
  • Menjelaskan munculnya gejala medan magnet, induksi magnetik di sekitar kawat berarus serta menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya.
  • Menjelaskan munculnya gaya Loretz sebagai gaya magnetik.
  • Menentukan kaitan besaran-besaran fisis dalam peristiwa Induksi Faraday.
  • Menentukan besaran fisis dalam rangkaian arus bolak-balik yang dikandung resistor, induktor, dan kapasitor.

6. Menjelaskan konsep dan prinsip relativitas, teori atom, dan radioaktivitas :

  • Membedakan teori-teori atom.
  • Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam.
  • Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi nuklir.
  • Menentukan zat-zat radioaktif serta mengidentifikasi manfaat radioisotop.
Bandingkan dengan http://fisikarudy.com/2008/12/17/kisi-kisi-ujian-nasional-2009/
Setelah dilakukan pembandingan terhadap standar kompetensi lulusan tahun 2009 lalu, tidak ada perbedaan yang signifikan ~ tetap saja isi kompetensi minimal yang akan diujikan berupa cakupan materinya terutama mata pelajaran Fisika dan IPA (SMP/MTs) … jadi menggunakan SKL tahun lalu pun sudah cukup untuk menggembleng para peserta didik menghadapi Ujian Nasional.

Yang membedakannya adalah adanya Ujian Nasional Ulangan bagi peserta didik yang tidak lulus ! Hal ini tengah disosialisasikan oleh BNSP yang salah satu prosedurnya nanti, siswa yang mengikuti Ujian Nasional ulangan akan disebar merata di seluruh sekolah penyelenggara Ujian Nasional Ulangan 2009/2010 yang ditunjuk !
IPA Fisika dan Biologi SMP/MTs :
1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti menggunakan alat ukur yang sesuai :
  • Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai.
  • Membaca alat ukur.
2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya :

  • Menentukan salah satu variabel dari rumus massa jenis.
  • Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian.
  • Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor (Q = m.c.T)
3. Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) :
  • Membedakan jenis gerak lurus.
  • Mengidentifikasi gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan variabel dari rumus tekanan.
  • Menyebutkan perubahan energi dalam suatu alat sehari-hari.
  • Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi.
  • Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana (pengungkit, tuas, bidang miring).
4. Memahami konsep-konsep dan penerapan getaran, gelombang, bunyi, dan optik :
  • Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang.
  • Menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta manfaatnya.
  • Menentukan besaran fisika jike benda berada di depan cermin atau lensa.
  • Menentukan besaran pada alat optik dan kegunaannya sehari-hari.
5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan :
  • Menjelaskan gejala listrik statis.
  • Menentukan jenis muatan listrik.
  • Menentukan besar energi dan daya listrik.
  • Menjelaskan cara pembuatan magnet.
  • Menentukan kutub-kutub magnet yang dihasilkan dari elektromagnetik.
6. Memahami sistem tata surya dan proses di dalamnya :
  • Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya
    Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan.
7. Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman mahluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar mahluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian mahluk hidup dalam kehidupan :
  • Mendeskripsikan ciri-ciri mahluk hidup.
    Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan mahluk hidup.
    Menjelaskan interaksi antar mahluk hidup dalam ekosistem.
    Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
    Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan mahluk hidup.
    Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan.
8. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/ organ-organ pada tumbuhan dan manusia :
  • Menentukan jenis tulang/ sendi/ otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya.
    Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
    Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah.
    Menjelaskan proses sistem ekskresi (ginjal).
    Menjelaskan sistem saraf pada manusia.
    Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan.
    Menjelaskan respon tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
    Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan-percobaan fotosintesis.
9. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan
  • Menjelaskan konsep perilaku mahluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
  • Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel.
  • Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat dan meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme beserta contohnya.
  • Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
10. Menjelaskan bahan kimia alami dan buatan terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan.
  • Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan.
    Mendeskripsikan pengaruh zat aditif/ psikotropika pada tubuh manusia.






Sumber asli :
Permen No. 75 tahun 2009 dari SMAN-1 Pare, Kediri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar